Minggu, 13 Mei 2012

teknik pemeriksaan os humerus

Posisi basic
- Ap
- Lateral
- Lateral Decubitus
- Lateral Projection

Posisi Ap
pp : pasien supine diatas meja pemeriksaan atau erect
po : lengan atas diatur supine, lengan atas memanjang shoulder joint masuk ke dalam kaset dan diatur true Ap. kaset horizontal diatas meja pemeriksaan dan kaset vertikal di belakang lengan atas jika pasien ecert.
FFD : 90 cm
CR : vertikal
CP : pertengahan os humerus

Posisi Lateral
pp : supine diatas meja pemeriksaan atau ecert
po : dari posisi antero-pasterior (kemudian lengan endorotasi telapak tangan menghadap kemedial, elbow joint fleksio, telapak tangan diletakkan pada tepi pinggang yang berhadap kaset horizontal diatas meja pemeriksaan. jika pasien ecert, lengan atas memanjang pada garis tengah film dengan elbow dan shoulder joint. 
FFD : 90 cm
CR : horizontal infero superior, 45 terhadap film
CP : caput humerus

Lateral Decubitus
pp : pasien tidur miring (lateral) tepi yang tidak difoto dekat pada meja pemeriksaan
po : lengan atas lurus disamping tubuh, elbow joint fleksio penuh, tangan prone di depan sendi bahu dari tepi yang difoto. kaset horizontal diletakkan diantara lengan atas tubuh dengan salah satu tepinya sejauh mungkin masuk kedalam pangkal lengan bawah prone diatas kaset.
FFD : 90 cm
CR : vertikal
CP : pertengahan os humerus

Posisi Lateral Projection
pp : ecert, tepi yang sakit menyamping pada kaset tangan yang tidak difoto (jauh dari film) tangan diangkat dan letakkan diatas kepala.
po : lengan atas yang akan difoto menempel pada garis tengah kaset , lurus disampingtubuh dengan lengan atas dan lengan bawah lurus, bagian vertikal menghadap anterior atau lengan lurus disamping, tubuh elbow joint fleksio, lengan menyilang didepan, telapak tangan menempel pada pangkal leher.
FFD : 90 cm
CR : horinzontal translateral
CP : pada ujung proximal sepertiga setengah os humerus, pada pertengahan garis film.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates